Jumat, 29 Juli 2016

Izin Penelitan Lintas Provinsi
KEBUMEN-DEPOK


Kali ini gue ingin berbagi pengalaman gue dalam ngurus ijin penelitian
di Kebumen. Sebagai perkenalan, gue mahasiswa di Salah satu universitas di Depok,
Jawa Barat. Dan karena gue butuh data sekunder buat penelitian, gue minta datanya ke
Dinas pemberdayaan perempuan. Untuk dapat aksesnya gue harus ada surat ijin dari Bappeda
Kebumen. Lalu, inilah prosesnya.......
Waktu ingin melakukan penelitian di Kebumen, gue perlu dapat
surat ijin penelitian dari Bappeda Kebumen; Kesbangpol Kebumen, Kesbangpol Depok dan
Kesbangpol Bandung. Urutannya adalah
1. Waktu mau ijin ke salah satu instansi daerah (Dinas Pemberdayaan
perempuan), gue diharuskan sudah punya ijin dari Bappeda Kebumen.
2. Untuk urusnya itu, pertama ke Kesbangpol Kebumen. Dari pengalaman
gue, karena kampus gue di wilayah Jawa Barat (tepatnya Depok), gue harus
mengurus ijin dulu ke Kesbangpol Jawa Barat (ijin dari Kesbangpol Jabar ini
sebagai salah satu syarat untuk bisa ijin ke Badan Penanaman Modal Daerah Semarang, Jateng).
3. Setelah semua urusan untuk buat ijin di Kesbangpol Jabar selesai, baru kita
bisa minta ijin ke kesbangpol kebumen serta melakukan registrasi online ke Badan Penanaman Modal
Daerah Semarang dengan cara melengkapi syarat2 yang di upload ke situs resminya, dimana salah satu syaratnya adalah ijin dari Kesbangpol Jabar tadi).
4. Setelah itu, dapat surat rekomendasi dari kesbangpol kebumen yang kemudian gue ajukan ke Bappeda Kebumen.
-----------------------------------------------------000-----------000---------------------------------------

Di bagian ini, gue mau ngejelasin kenapa harus ke kesbangpol depok dan jabar. Itu karena kampus gue ada di
daerah Depok, Jabar maka saya harus mendapat ijin dari kesbangpol jabar sebagai syarat untuk mengajukan ijin
secara online ke Badan Penanaman Modal Daerah Jateng (di Semarang). .... menurut loe agak ribet? Gak juga, untuk
registrasi onlinenya, cuma harus daftar ke situs Badan Penanaman Modal Daerah Jateng lalu isi form pendaftaran penelitan
dan disertai dengan upload syarat2nya. Dan salah satu syaratnya adalah ijin dari Kesbangpol Jawa Barat tadi (saya scan
lalu upload).
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Biar ringkasnya tentang pengalaman gue urus ijin di kesbangpol jabar: pertama gue urus ijin dulu di Kampus. Dulu ijinnya gue
tujukan ke Kepala Kesbangpol Depok, Kepala Kesbangpol Jawa Barat, Kepala Kesbangpol Kebumen, Kepala Bappeda, lalu ke instansi
terkait penelitian gue. Seinget gue sih itu aja..... (sori karna gue agak lupa, karna udah agak lama).
Lalu, kedua gue baru urus ijin ke Kesbangpol Depok. Alamatnya adalah di Jalan Margonda, ada di kompleks Kantor Pemerintahan Kota
Depok (Balaikota Depok, di lantai 4). Untuk disini, gue urus suratnya di proses 2 hari baru diambil.
Ketiga, gue ke Kesbangpol Jawa Barat. Lokasinya adalah di Daerah Bandung, alamatnya adalah di Jalan Supratman no. 44 Bandung.

Untuk cara gue ke Kesbangpol di Bandung. Gue naik kereta yang destinasinya ke Stasiun Bandung, lalu naik angkot dan turun di
deket Gedung Sate (gue naik dua kali angkot, tapi maaf gue lupa jelasnya). Karna gue masih pertama kali,
gue agak bingung arahnya. Sebenarnya, dari gedung sate itu udah deket. Kalo dulu gue jalan kaki, muter2 gitu sama tanya orang2.

SEKIAN, DAN
maaf jika tulisan ini banyak kekurangan............. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar